Saturday, February 9, 2013

Nice to Meet Her Again

Pertemuan pertama dari sekitar tujuh tahun lalu. Aku nggak tahu harus merasa bagaimana karena aku nggak nemuin satu kata adjective yang bisa mendeskripsikan campurnya perasaanku saat itu.
Namanya Ratna (nama ini kusamarkan :D), dia bestfriendku saat kita masih SD. Kita akrab, kita cocok, dan juga banyak persamaan. Persamaan yang paling menonjol itu adalah; kita suka menggambar, terutama gambar princess saat pelajaran KTK. Sampai-sampai dia punya kenangan khusus sama wali kelas karena gambarnya mirip banget sama snow white dan diduga kalau itu hasil buatan orang dewasa, padahal kita sama-sama bikin sendiri. Emang sih, nggak seperti gambar anak kelas 4 SD pada umumnya, karena dilihat dari segi objektif pandangan kita. gambar itu bener-bener seperti buatan orang dewasa. Mirip! Oh ya, skip dulu. Sebenarnya aku bukan mau ceritain ini. Hehehe
Sekitar 24 Januari kemarin, aku dapat kabar dari teman SDku yang juga tetangga rumahnya Ratna via bbm kalau dia sakit dan dirawat di RSCM. Kabar pertama, dia leukimia. Kontan aku shock. Secara, kami nggak pernah ketemu sebelumnya setelah lulus-lulusan SD berhubung kelanjutan sekolahku di Jakarta dan sama sekali nggak tahu kabar tentang teman-teman SD yang dominan berdomisili di Bekasi. Singkat cerita, kami sepakat untuk jenguk dia di RSCM hari sabtunya dan saat itu pula mau nggak mau aku harus ngebatalin les hari itu.
Kami ketemu dia. Kondisinya? Dia yang dirawat di ruangan biasa, kelihatan semakin kurus, pucet, dan  perutnya membengkak. Kalau dilihat dari fisiknya, dia nggak kelihatan lagi kena kanker darah. Awalnya nggak ada yang berani nanya ttg kronologis penyakitnya karena takut kita nggak sanggup nerimanya dan takut juga dia teringat lagi tentang sakitnya. Sampai-sampai di tengah-tengah curcolan kita tentang masa-masa SD, temanku ada yang nanya kabar itu. Dia akhirnya menuturkan;
"Awalnya gue bermasalah sama limpa gue dan gue nggak tindaklanjutin karena gue nggak ngerasa sakit. Puncaknya pas hari rabu kemarin. Sakitnya parah, gue dirujuk kesini setelah dirawat di RS Bani Shaleh. Ternyata udah membengkak, leukosit gue jadi dominan, ngurangin trombosit gue. Beberapa hari yang lalu gue kemoterapi."
Terus kami tanya asal-usul kenapa limpanya bisa bermasalah. Jawabannya?
"Ya, mungkin karena gue suka makan mie..."
Kami -para penjenguk- menelan ludah. Terutama yang masih aktif memiliki masa jabatan sebagai anak kos yang suka ngambil alternatif mie instan di saat sibuknya dan ketidaksempatan kita ngatur waktu untuk makan sehat. Hmm....
 Kabar terakhirnya?
Aku lihat kemarin di status facebooknya kalau dia udah bisa dirawat di rumah. Syukurlaaaah, Alhamdulillah... Semoga itu menjadi awal yang baik untuk titik terang menuju kesembuhannya. Dan yang pastinya, tetap berdoa utntuk kesehatannya, juga untuk kesehatan kita ya....

No comments: