Saturday, March 17, 2012

Tulisan Pertama di bulan Maret

Harusnya, lebih baik bikin tulisan di awal bulan. Tapi maaf ya sodara-sodara, aku baru mulai posting lagi-lagi di pertengahan bulan. Maklum, di bilang sibuk.. nggak. Kalo dibilang males mungkin....iya! hehehe :D
Lanjut ke cerita..
Tiba-tiba aku mau nyeritain tentang kejadian bulan Maret sekitar dua tahun yang lalu dimana aku masih kelas 2 SMA. Dan siapapun yang pernah mengalami kesempatan kali itu pasti ngerasa kan, kalau di umur segitu lagi labil-labilnya? Dan tentu saja si 'labil' itu sempet ketemu denganku dan mempengaruhi daya pikirku untuk jadi lebih iseng! Ya, iseng. Pekerjaan yang secara langsung bikin kepuasan batin banget kalo sukses.
Jadi waktu itu, si Tuyus, temen sekamarku ulang tahun di akhir Maret. Tentu saja insting isengku yang lagi naik daun itu bekerja. Awalnya gak ada niat ngerjain dia apa-apa. Sampai akhirnya, waktu aku lagi diem-diem baca komik -dan si Tuyus lagi ada rapat ketua organisasi-, Vidung, salah satu teman sekamarku yang lain itu bergerak cepat buat ngerjain. Dia sigap ngeberantakin lemari Tuyus sampe benar-benar porak poranda.
Lalu aku tinggal diam gitu aja? Oh tentu saja tidak!
Rasa setia kawanku di dukung oleh kreativitasku membantu Vidung ternyata  menghasut dua anggota kamar yang lain untuk ikut serta. Namanya Ncrut dan Siskuntum. Nggak nyangka, mereka antusias banget buat ngerjain Tuyus.
Lalu anggota kamar lain datang, namanya Londish. Ia datang ketika kami berhasil memporak-porandakan lemarinya dan mendorongnya ke ujung koridor lantai asrama. Tentu saja dia nanya, namun setelah ia tahu jawabannya, keliatannya ga ingin ambil pusing dan capcuss tidur.
Pekerjaan selesai. Aku kembali baca komik, Vidung baca novel, siskuntum balik ke kasur, dan Ncrut.. pergi keluar kamar.
Siang pun datang..
Rasa lapar pun ikut datang. Saat itu kebetulan makanan lagi enak. Lele goreng. Aku dan Vidung siap-siap ganti baju pergi ke dapur. Tapi Allah berkehendak lain, Tuyus datang dan suasana menjadi berubah..
Tahu apa yang terjadi setelahnya??
"MANA LEMARI GUE???!!" demi apapun, aku berani sumpah kalau suara itu benar-benar menggelegar. Mungkin satu asrama dengar.
Siskuntum bangkit, Londish bangun, sementara aku dan Vidung?? Entahlah, kami juga gak tahu kenapa kompakan milih tidur di kasur pura-pura kembali tenggelam dengan bacaan kami.
Saat itu aku bersyukur karena ga ada yang sadar bahwa aku baca komik terbalik. Alhamdulillah!
"MANA LEMARI GUE??" Tuyus mengulang pertanyaan menggelegarnya.
Belum ada yang jawab. Atau yang lebih tepatnya lagi, Belum-ada-yang-pura-pura-berani-jawab!
Lalu dengan suara setenang dan seberani mungkin, aku angkat bicara, "Di koridor, Yuus! Masa lo ga lihat?" saat itu aku sok-sokan jadi si nyolot yang merasa ga bersalah sama sekali.
Tuyus berusaha keras masukin lemarinya ke kamar sendirian setelah tau letak lemarinya. Tentu saja sambil menggerutu panjang lebar.
Aku dan Vidung pura-pura cuek, dalam hati gondok banget karena si Ncrut ga ada dalam kejadian ini. Padahal dia termasuk ide pokok dan tokoh utama cerita. Udah gitu, Tuyus jelas-jelas pasti nyangka kalau tersangka ini cuma ada dua. Aku dan Vidung.
Kabar lele goreng? Ah entahlah, kami masih berharap mereka masuk ke perut kami meskipun selera udah ilang tak berjejak..
***
Selepas pulang sekolah..
"Al, bantuin gue nyariin kunci perpus dong. Tuyus bilang kuncinya ilang, dan kita harus tanggung jawab karena ngeberantakin lemarinya,.." pinta Vidung padaku."Gue ga tahu si Tuyus beneran atau mau bales dendam sama kita,"
Jujur aja, aku benar-benar bingung. Ternyata efek pekerjaan ini masih ada embel-embelnya.
Ternyata, setelah berusaha nyari, sebenarnya kunci itu gak ilang. Tuyus masih kesal dan gak terima kalau kita gak kesal juga. Benar-benar teman yang baik, selalu berbagi dalam setiap rasa. Meskipun itu rasa kekesalan.
Aku kira pembalasannya sudah sampai itu, ternyata dia ga puas kalau belum ketemu Ncrut. Jadi malamnya, ia introgasi Ncrut dengan pertanyaan yang nyaris seperti omelan. Untungnya, pengalaman Ncrut yang cukup banyak membuatnya gak kaget dengan pertanyaan Tuyus. Salut sama Ncrut, di saat-saat begini dia sempat-sempatnya jawab pertanyaan itu dengan nada nyolot. *Tepuk tangan*

Pesan dari cerita ini; Kalau pengen ngerjain orang, sebaiknya sediakan headset dan MP3 buat jaga-jaga supaya ga ada lagi adegan baca komik terbalik!

NB; nama tokoh disamarkan, bagi yang bersangkutan ataupun yang tahu cerita ini sebelumnya, harap diam-diam saja. Meskipun saya sendiri gak tahu nyuruh diam untuk apa. Sekian :D

No comments: